Pendidikan Profesi Guru

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU

Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Penjelasan Umum

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Mahadewa Indonesia didirikan pada tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 302/E/O/2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru pada Universitas PGRI Mahadewa Indonesia tertanggal 22 April 2022. Sejak awal berdirinya, Program Studi Pendidikan Profesi Guru secara akademik adalah “program studi” yang merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi dengan mandat utama sebagai penghasil guru profesional yang berkualitas tinggi. Sehubungan dengan itu, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Mahadewa Indonesia berkomitmen tinggi untuk mendidik calon guru profesional yang mampu berkompetisi dan berdaya saing global.

Visi, Misi, dan Tujuan

a. Visi

Menjadi Program Studi Penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru Yang Unggul, Inovatif Dan Berkarakter Berlandaskan Tri Hita Karana Tahun 2030

b. Misi

Menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru yang Unggul, inovatif, Dan berkarakter berlandaskan Tri Hita Karana.

c. Tujuan 

Menghasilkan guru yang unggul, inovatif, dan berkarakter berlandaskan Tri Hita Karana.

Mata Kuliah

 

Struktur Kurikulum Program PPG Dalam Jabatan Kategori 1

 

No

 

Mata Kuliah

Kode MK

Beban Belajar

(sks)

Proses Pembelajaran

1.

Pendalaman Materi

(Analisis materi pembelajaran berbasis masalah, literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat

  tinggi/high order thinking skills)

22000010151

5

Tutorial/Kuliah

2.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif)

22000010231

3

Seminar/Lokakarya

3.

PPL

(Praktik Pembelajaran Inovatif)

22000010341

4

Praktik Lapangan

 

Jumlah

 

12

 

 

Struktur Kurikulum Program PPG Dalam Jabatan Kategori 2

 

No

 

Mata Kuliah

Kode MK

Beban Belajar

(sks)

Proses Pembelajaran

1.

Pendalaman Materi

(Analisis materi pembelajaran berbasis masalah, literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat

  tinggi/high order thinking skills)

22000020161

6

Tutorial/Kuliah

2.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Desain Pembelajaran Inovatif)

22000020251

5

Seminar/Lokakarya

3.

PPL

(Praktik Pembelajaran Inovatif)

22000020371

7

Praktik Lapangan

 

Jumlah

 

18

 

 

 

 

Beban Belajar Mata Kuliah Inti

No.

Mata Kuliah

Kode MK

Beban Belajar (sks)

1.      

Filosofi Pendidikan Indonesia

2200030121

2

2.      

Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya

2200030231

3

3.      

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I

2200030331

3

4.      

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II

2200030232

3

5.      

Pembelajaran Sosial Emosional

2200030132

3

6.      

Seminar Pendidikan Profesi Guru

2200030512

1

7.      

Projek Kepemimpinan I

2200030611

1

8.      

Projek Kepemimpinan II

2200030412

1

9.      

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I

2200030761

6

10.   

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II

22000306102

10

 

Beban Belajar Mata Kuliah Pilihan Selektif

No.

Mata Kuliah

Kode MK

Beban Belajar (sks)

1.      

Literasi dalam Lintas Mata Pelajaran

2200030821

2

2.      

Literasi Dasar*

2200030921

2

3.      

Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran

2200030521

2

4.      

Pengantar Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

2200031021

 

2

5.      

Perancangan dan Pengembangan Kurikulum

2200030421

2

6.      

Pembelajaran Berdiferensiasi

2200030322

2

7.      

Pengajaran dan Pembelajaran Daring dan Bauran

2200031121

2

8.      

Design Thinking

2200031221

2

9.      

Computational Thinking

2200030722

2

10.   

Pendidikan di Daerah Khusus

2200030822

2

11.   

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

2200030922

2

12.   

Bahasa Inggris untuk Guru SD**

2200031022

2

Catatan:

* Hanya berlaku untuk bidang studi PGSD dan PG PAUD

**Hanya berlaku untuk bidang studi PGSD

 

Tabel 3.3.3. Distribusi Mata Kuliah

Semester 1

Kode MK

Jumlah sks

Semester 2

Kode MK

Jumlah sks

Filosofi Pendidikan Indonesia

2200030121

2

Pembelajaran Sosial Emosional

2200030132

3

Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya

2200030231

3

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif II

2200030232

3

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I

2200030331

3

MK Pilihan Selektif/MK Pilihan Elektif

2200030322

2

MK Pilihan Selektif

2200030421

2

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II

22000306102

10

MK Pilihan Elektif*

2200030521

 

2

Projek Kepemimpinan II

2200030412

1

Projek Kepemimpinan I

2200030611

1

Seminar Pendidikan Profesi Guru

2200030512

1

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I

2200030761

6

 

 

 

Total

 

19

 

 

20

* Catatan: MK Pilihan Elektif boleh diambil dari MK Pilihan Selektif jika LPTK tidak menyediakan MK Pilihan Elektif

 

 

 

 

Dosen

Dosen Pengelola PPG

  1. Drs. I Wayan Citrawan,M.Pd
  2. Drs. I Wayan Adnyana,MM.,M.Erg
  3. I Wayan Widana,S.Pd.,M.Pd
  4. I Wayan Sumandya, S.Pd.,M.Pd
  5. I Gede Sidi Artajaya,S.Pd.,M.Pd
Tracer Study

Link Tracer Study:
https://bit.ly/tracerupmi23

Media Sosial PPG

1. Facebook : PPG UPMI Bali
2. IG : Ppg_upmi
3. Youtube : PPG UPMI

Gallery Video PPG