ORIENTASI PPG DALAM JABATAN KATEGORI I TAHUN 2022 UNIVERSITAS PGRI MAHADEWA INDONESIA

Berita Kampus

ORIENTASI PPG DALAM JABATAN KATEGORI I TAHUN 2022 UNIVERSITAS PGRI MAHADEWA INDONESIA

Profil PPG Dalam Jabatan adalah Guru profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yang menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi teladan, memiliki penampilan memesona, berwibawa, tegas, ikhlas, serta disiplin yang mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini dan masa depan. Kegiatan orientasi dilakasanakan pada hari Senin, 18 Juli 2022 secara daring yang dibuka oleh Rektor Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Dr. I Made Suarta, S.H., M.Hum. Peserta PPG dalam jabatan kategori I yang diploting ke Universitas PGRI Mahadewa Indonesia berasal dari beberapa satuan pendidikan atau daerah-daerah yang tersebar dari seluruh Indonesia. Koordinator Program Studi PPG Dr. I Wayan Sumandya, S.Pd.,M.Pd. menyampaikan mahasiswa PPG dalam jabatan kategori I harus menempuh 12 SKS.  Adapun capaian pembelajaran PPG dalam Jabatan kategori I yang diharapkan yaitu: 1) mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian: 2) mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif) yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel): 3) menguasai materi ajar termasuk advanced material secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) dalam kehidupan sehari-hari: 4) mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan pendekatan lain yang relevan: 5) mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian: 6) mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran: dan 7) mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru profesional melalui penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi. Ketua Yayasan YPLP IKIP PGRI Bali juga menyampaikan menjadi guru professional adalah guru yang bisa menjadi contoh dan memiliki keingan untuk belajar sepanjang hayat. Admin IT I Kadek Juniarta, S.Kom., M.Kom juga memberikan arahan kepada mahasiswa pelaksanaan perkuliah dilakukan secara Sinkronus dan Asinkronus, sehingga semua tagihan atau tugas-tugas dikumpulkan melalui LMS.