Pemilihan Duta Generasi Berencana ( Genre ) Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) Tahun 2022

273175912_448030140358375_3657100302216181557_n-1
Berita Kampus

Pemilihan Duta Generasi Berencana ( Genre ) Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) Tahun 2022

I WAYAN Dede Putra Wiguna dan Ni Made Yuliartaningsih terpilih sebagai Duta Generasi Berencana ( Genre ) Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) tahun 2022. Keduanya terpilih setelah melalui serangkaian proses seleksi ketat selama beberapa minggu sebelumnya.

“Siapapun pasangan yang terpilih menjadi Duta Genre diharapkan  mampu berpartisipasi mewakili kampus di tingkat kota, provinsi, nasional maupun internasional,” ujar Dr. I Made Suartha, S.H., M.Hum. Rektor UPMI Bali dalam sambutannya saat penobatan pemenang di Auditorium Redha Gunawan, 4 Februari lalu.

Dede adalah mahasiswa semester II Program Studi Bahasa Indonesia dan Daerah, sedangkan Yuli adalah mahasiswi semester IV Program Studi Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik). Setelah terpilih, keduanya mengatakan, sebagai generasi muda kita harus memanfaatkan masa muda dengan terus berkarya dan tunjukan potensi yang ada di dalam diri.

“Dengan demikian akan terwujud generasi muda yang terbebas dari segala bentuk penyimpangan agar terbentuknya generasi yang berencana dan memiliki tujuan hidup di masa mendatang, dan dapat menjalankan kehidupan agar terciptanya kehidupan yang harmonis,” ujar Dede dan Yuli.

Pemilihan Duta Genre juga menobatkan I Kadek Hendra Mahardika, mahasiswa semester II dari Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjaskesrek) dan Ni Komang Sabina Sanji Putri mahasiswi semester II Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah sebagai Runner-Up. Sedangkan Runner Up 2 berhasil diraih oleh I Made Juniartha dan Desak Ayu Dwipa Dianariska dari Prodi Matematika.

“Mari kita bersama-sama menjadi remaja yang sehat, cerdas, ceria, dan menjadi remaja yang bisa membanggakan keluarga, masyarakat bahkan negara dengan prestasi. Tetap semangat meningkatkan genre UPMI dan menjadi contoh yang baik,” ujar Hendra Mahardika.

Ketiga pasangan tersebut, Duta Genre UPMI 2022, Runner-Up, dan Runner-Up 2 akan menjadi perwakilan kampus di ajang pemilihan Duta Genre se-Kota Denpasar dan tingkat Provinsi Bali.

Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) digelar secara rutin setahun sekali oleh Unit Kegiatan PIK-M Widyadari UPMI Bali. Pemilihan Duta Genre bertujuan untuk menyosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya. Duta yang terpilih akan menjadi role model sebagai remaja yang memiliki rencana dalam hidupnya dan menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk memberikan edukasi, konseling, dan mencegah pernikahan dini, seks pra nikah serta penyalahgunaan narkoka dan zat adiktif (Napza).

Tahun ini, kegiatan mengambil tema “Meningkatkan Kreativitas Generasi Muda Melalui Pemilihan Duta Genre Untuk Memperkuat Pondasi Bangsa”. Turut hadir saat acara puncak penobatan Duta Genre UPMI Bali Tahun 2022, perwakilan dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bali, DP2APKB, serta jajaran pimpinan UPMI Bali. Rektor UPMI berharap generasi muda untuk aktif dan produktif dalam mengikuti kegiatan apapun. (231)