Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA PROGRAM MAGISTER

Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Sejarah Singkat

Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister merupakan satu-satunya pascasarjana yang ada di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Program ini pertama kali diselenggarakan berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 405/E/0/2021 pada tanggal 22 September 2021. Program ini diselenggarakan dalam rangka mendidik dan menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan nilai-nilai kependidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada bidang kebahasaan dan kesastraan Indonesia sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam pelaksanaan pembelajaran Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia didukung oleh tenaga pendidik yang profesional sesuai bidang keahliannya yang berbasis Doktor dan Guru Besar. Hal ini merupakan komitmen awal dengan tujuan menghasilkan tenaga profesional yang berkarakter, mempunyai kompetensi akademik, pedagogik. kepribadian, dan sosial secara kompetitif dan mampu bersaing di era globalisasi khususnya dalam pelaksanaan pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister juga sudah terakreditasi BAIK dengan keputusan BAN-PT Nomor: 1122/SK/BAN-PT/PB-PS/M/II/2022.

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran
  1. VISI
    • Menjadi Pusat Kajian dan Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia yang Unggul dan Kompetitif Berbasis Tekonologi dan Informasi serta Berlandaskan Tri Hita Karana pada Tahun 2030
  1. MISI
    • Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif yang berorientasi pada perkembangan IPTEKS.
    • Melaksanakan penelitian pendidikan dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui penelitian kolaborasi dosen, mahasiswa, lembaga atau instansi, dan masyarakat.
    • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
    • Melaksanakan kerjasama yang konstruktif dengan berbagai pihak dalam lingkup regional, nasional, maupun internasional dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  1. TUJUAN
    • Menghasilkan lulusan calon pendidik (guru atau dosen) Bahasa dan Sastra Indonesia yang profesional dan berkarakter yang mempunyai kompetensi akademik, pedagogik, kepribadian, dan sosial untuk memenuhi kebutuhan guru dan dosen
    • Menghasilkan penelitian inovatif berbasis keilmuan di bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia berkolaborasi dengan lembaga terkait baik pada tingkat regional, nasional, maupun internasional secara berkelanjutan
    • Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat di bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang inovatif berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan secara berkelanjutan.
    • Berperan serta aktif dan menjalin kemitraan dengan stakeholder dalam memecahkan berbagai masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia serta pembelajarannya yang ada di masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  1. SASARAN
    • Terwujudnya kualitas proses dan hasil pembelajaran layanan bimbingan terhadap mahasiswa secara intensif, kondusif, dan dinamis yang tercermin pada tata kelola yang efisien, efektif, dan produktif.
    • Tercapainya peningkatan jumlah lulusan mahasiswa secara profesional pada semester 4 sebanyak 50% yang mempunyai kompetensi pedagogik, akademik, kepribadian, dan sosial yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
    • Mempunyai nilai rata-rata IPK minimal 3,25 untuk kelulusan mahasiswa secara akumulatif untuk program studi
    • Masa tunggu lulusan yang belum bekerja untuk mendapatkan pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan.
    • Tercapainya jumlah penelitian dosen baik individu maupun kelompok (dosen-dosen dan dosen-mahasiswa) sebanyak 1 buah pertahun yang didanai dari perguruan tinggi dan sumber lain serta 3 hasil penelitian tersebut dipublikasikan pada jurnal terakreditasi nasional atau internasional
    • Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil penelitian oleh dosen yang melibatkan mahasiswa sebanyak 2 kali setahun yang didanai dari perguruan tinggi dan sumber lain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Akreditasi

Akreditasi BAIK, Nomor SK BAN-PT 1122/SK/BAN-PT/PB-PS/M/II/2022

Struktur Kurikulum

Smt

Nama

MK

Bobot

Teori

Praktik

I

Filsafat Ilmu Pendidikan

2

 

 

Sosiopragmatik

3

 

 

Teori Sastra Mutakhir

2

 

 

Asesmen Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

 

3

 

 

Bahasa Inggris

2

 

 

Total Semester I

12

 

II

Psikolinguistik Lanjut

2

 

 

Kritik Sastra Mutakhir

2

 

 

Metode Penelitian Pendidikan dan Statistik

3

 

 

Landasan Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran

3

 

 

Metode Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia

3

 

 

Total Semester II

13

 

III

Analisis Wacana Bahasa dan Sastra

3

 

 

Perancangan Sistem Pengajaran dan Praktik Lapangan

2

2

 

Seminar Proposal Tesis

2

 

 

Total Semester III

9

 

IV

Tesis

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Total Semester IV

6

 

 

 

 

 

 

Total SKS

40

 

Dosen

No

Nama Lengkap

Jabatan

Fungsional

Gelar

Akademik

Pendidikan S1, S2, S3 dan AsalPT

Bidang Keahlian Setiap Jenjang Pendidikan

1

I Made Suarta

Lektor Kepala

Drs. S.H.

M.Hum.

Dr.

S1 : IKIPPGRI Bali

S1 : Universitas Mahendradatta S2 : Universitas Udayana

S3 : Universitas Udayana

S1:Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 : Hukum Keperdataan

S2: Linguistik, Konsentrasi Wacana Sastra

S3:Ilmu Linguistik, Wacana Sastra

2

Nengah Arnawa

Guru Besar

Drs. M.Hum.

Dr.

Prof.

S1 :Universitas Udayana S2 :Universitas Udayana

S3 :Universitas Udayana

S1 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 : Linguistik, konsentrasi Linguistik Makro

S3 : Linguistik

3

Ida Ayu Agung Ekasriadi

Lektor

S.Pd.

M.Hum.

Dr.

S1 : Universitas Udayana S2 : Universitas Udayana

S3 : Universitas Udayana

S1 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 : Linguistik, Konsentraisi Linguistik Mikro

S3 : Ilmu Linguistik

4

Ketut Yarsama

Lektor Kepala

Drs. M.Hum.

Dr.

S1 : Universitas Udayana S2 : Universitas Udayana

S3 : Universitas Udayana

S1 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

S2 : Linguistik, Konsentrasi Kajian Wacana Sastra

S3 : Ilmu Linguistik, Konsentrasi Kajian Wacana Sastra

5

Dewa Ayu Widiasri

Lektor

Dra. M.Pd.

Dr.

S1 : Universitas Udayana S2 : IKIP Negeri ingaraja

S3 : Universitas Udayana

S1 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 : Pendidikan Bahasa

S3 : Ilmu Linguistik

6

I Made Sujaya

Lektor

S.S.

M.Hum

Dr.

S1 : Universitas Udayana S2 : Universitas Udayana

S3 : Universitas Udayana

S1 : Sastra Indonesia

S2 : Ilmu Linguistik, Konsentrasi Wacana Sastra

S3 : Linguistik konsentrasi Wacana Sastra

7

I Nyoman Suwija

Lektor Kepala

Drs. M.Hum.

Dr.

S1 : Universitas Udayana S2 : Universitas Udayana

S3 : Universitas Udayana

S1 : Bahasa danSastra Bali

S2 : Linguistik, Konsentrasi Kajian Wacana Naratif

S3 : Linguistik, Konsentrasi Wacana Naratif

8

Ni Nyoman Karmini

Guru Besar

Dra.

M.Hum.

Dr.

Prof.

 

S1 : Universitas Udayana S2 : Universitas Udayana

S3 : Universitas Udayana

S1 : Bahasa dan Sastra Indonesia

 S2 : Kajian Wacana Sastra

S3 : Konsentrasi Wacana Sastra

9

Ida Ayu Iran Adhiti

Lektor

Dra. M.Si.

Dr.

S1 : Universitas Udayana S2 : Universitas Udayana

S3 : Universitas Udayana

S1 : Bahasa dan Sastra Bali

S2 : Kajian Budaya, Konsentrasi Pariwisata Budaya

S3 : Ilmu Linguistik, Konsentrasi Linguistik

10

I Wayan Gunartha

Lektor Kepala

Drs. M.Pd.

Dr.

S1 : UniversitasUdayana

S2 : Universitas Negeri Yogyakarta

S3 : Universitas Negeri Yogyakarta

S1 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2 : Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

S3 : Penelitian dan Evaluasi Pendidikan