Pendidikan Sejarah
May 9, 2020 2021-12-17 11:04Pendidikan Sejarah
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
Penjelasan Umum
Program Studi Pendidikan Sejarah bertujuan (1) membina mahasiswa untuk menjadi pendidik, baik sebagai guru sejarah di tingkat SLTA dan guru IPS di tingkat SLTP yang profesional, berbudaya dan berkarakter berlandaskan Tri Hita Karana, serta memiliki kompetensi alternatif nonkeguruan yang gayut dengan bidang keilmuannya, seperti menjadi pemandu pariwisata sejarah, peneliti, pengembang media, arsiparis, serta sebagai jurnalis kesejarahan; (2) mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi yang berkaitan dengan bidang ilmu Pendidikan Sejarah; (3) mengembangkan model pendidikan sejarah yang berakar pada nilai-nilai budaya dalam menghadapi persaingan global; (4) mengembangkan budaya akademik dan penelitian yang berkualitas pada seluruh civitas akademika di lingkungan Program Studi Pendidikan Sejarah; (5) melaksanakan dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membantu memecahkan berbagai masalah sosial di masyarakat
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
Menjadi Program Studi yang unggul dan kompetitif berlandaskan Tri Hita Karana Tahun 2030
Misi
- Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran dalam Bidang Pendidikan Sejarah berbasis teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan berlandaskan Tri Hita Karana
- Mengembangkan penelitian dalam bidang Pendidikan Sejarah yang berbasis IPTEKS berlandaskan Tri Hita Karana
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Sejarah untuk kesejahteraan bersama berlandaskan Tri Hita Karana
- Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di bidang Pendidikan Sejarah untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi berlandaskan Tri Hita Karana
Tujuan
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Sejarah dan Tenaga Profesi lainnya yang gayut dengan Bidang Pendidikan Sejarah yang religius, humanis, dan cinta lingkungan dalam menjalankan tugasnya
- Menghasilkan dan mempublikasikan penelitian penelitian dalam bidang pendidikan sejarah yang memiliki keunggulan kompetitif, global, religius, humanis dan cinta lingkungan dalam menjalankan tugasnya
- Menghasilkan dan mempublikasikan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki keunggulan kompetitif global, religius, humanis dan cinta lingkungan dalam menjalankan tugasnya
- Menghasilkan kerjasama regional, nasional, dan internasional dalam bidang pendidikan sejarah yang unggul dan bermanfaat
Profil Lulusan
- Guru Sejarah yang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang guru di tingkat SMA/MA/SMK maupun sebagai guru IPS tingkat SMP/MTS
- Pemandu Wisata Sejarah, bidang ini dipilih oleh lulusan yang ingin membangun karir sebagai pemandu (guide) wisata sejarah yang menguasai konsep dasar teoritik maupun praktek di bidang sejarah dan kepariwisataan
- Pengembang Media Pembelajaran, Bidang ini bisa dipilih oleh lulusan yang ingin meniti karir sebagai pembuat media pembelajaran sejarah, youtuber yang mengambil konten kesejarahan, situs cagar budaya maupun aspek sosial-udaya masyarakat yang berbasis IT
- Arsiparis, bidang ini dipilih oleh lulusan yang ingin bekerja di bidang permuseuman atau perpustakaan yang menguasai konsep dasar teoritik maupun praktek di bidang kesejarahan dan kearsipan
- Wirausaha dalam bidang pendidikan seperti; mendirikan tempat kursus/bimbel, les privat, pengembang media pembelajaran, dan membuat pendokumentasian obyek-obyek bersejarah
- Peneliti, karir ini bisa ditekuni oleh lulusan yang ingin membangun karir sebagai peneliti muda yang mampu melakukan peneltian di bidang pendidikan dan pembelajaran sejarah, maupun masalah sosial, budaya
Keunggulan
- Program Studi Pendidikan Sejarah sudah terakreditas B (345)
- Lulusan Prodi Pendidikan Sejarah tidak hanya bisa bekerja sebagai guru tetapi juga mampu menekuni profesi di bidang non keguruan yang berkaitan dengan bidang kesejarahan, misalnya menjadi peneliti, pemandu wisata sejarah, wirausaha di bidang pendidikan, jurnalis kesejarahan, bidang kearsipan, balai kajian sejarah atau budaya, serta museum.
- Untuk memperkaya pemahaman konsep dan nilai-nilai praktis dari mata kuliah yang diajarkan dilakukan melalui kegiatan praktikum dengan membawa para mahasiswa ke obyek sejarah di luar/ di lapangan.
- Pemberian beasiswa antara lain: (1) dari Dikti mencakup beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Biaya Pendidikan (BBP), Bidikmisi dari Dikti melalui Kopertis, dan beasiswa bebas uang gedung dari Institusi
Akreditasi
Program Studi Pendidikan Sejarah merupakan salah satu program studi di IKIP PGRI Bali yang berdiri sejak tahun 1986 dan telah terakreditasi B (345) dengan No. SK: 1500/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2018, tanggal 6 Juni 2018.
Mata Kuliah
No. | Bidang Kajian | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS | SMT |
|
|
|
|
|
|
1. | Mata Kuliah Wajib atau Nasional |
|
| ||
|
| 1900013121 | Pendidikan Agama | 2 | I |
|
| 1900023121 | Pendidikan Pancasila | 2 | I |
|
| 1900033122 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | II |
|
| 1900043121 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 | I |
2. | Mata Kuliah Wajib Institusi |
|
| ||
|
| 1901013121 | Pendidikan Karakter | 2 | I |
|
| 1901023125 | Pendidikan Wawasan PGRI | 2 | V |
|
| 1901033125 | Pendidikan Anti Korupsi | 2 | V |
|
| 1901043122 | Pendidikan Kewirausahaan | 2 | II |
|
| 1901053122 | General English | 2 | II |
|
| 1901063123 | English for Sceintific and Research | 2 | III |
|
| 1901073123 | Komputer Pemrograman | 2 | III |
|
| 1901083125 | Media Pembelajaran Berbasis TIK | 2 | V |
3. | Mata Kuliah Wajib Institusi
|
|
| ||
|
| 19314921 | Pengantar IPS | 2 | I |
|
| 19315025 | IPS Terpadu | 2 | V |
4. | Mata Kuliah Wajib Prodi |
|
| ||
A. Kajian Ilmu Kependidikan |
|
|
| ||
|
| 19310121 | Dasar – Dasar Pendidikan | 2 | I |
|
| 19310222 | Profesi Kependidikan | 2 | II |
|
| 19310323 | Perkembangan Peserta Didik | 2 | III |
B. Kajian Ilmu Pembelajaran |
|
|
| ||
|
| 19310423 | Strategi Pembelajaran Sejarah | 2 | III |
|
| 19310524 | Perencanaan Pembelajaran Sejarah | 2 | IV |
|
| 19310624 | Evaluasi Pembelajaran | 2 | IV |
|
| 19310724 | Kajian Kurikulum dan Buku Teks | 2 | IV |
|
| 19310826 | Microteaching | 2 | VI |
|
| 19310922 | Belajar dan Pembelajaran | 2 | II |
|
| 19311024 | PLP 1 | 2 | IV |
|
| 19311147 | PLP 2 | 4 | VII |
C. Kajian Kesejarahan |
|
|
| ||
| Ilmu Sejarah | 19311221 | Pengantar Ilmu Sejarah | 2 | I |
|
| 19311323 | Metodologi Sejarah | 2 | III |
|
| 19311424 | Historiografi | 2 | IV |
|
| 19311526 | Filsafat Sejarah | 2 | VI |
|
| 19311626 | Bahasa dan Sumber Sejarah | 2 | VI |
|
|
|
|
|
|
| Sejarah Indonesia | 19311721 | Prasejarah Indonesia | 2 | I |
|
| 19311832 | Sejarah Indonesia Masa Hindu Budha | 3 | II |
|
| 19311933 | Sejarah Indonesia Masa Islam | 3 | III |
|
| 19312034 | Sejarah Indonesia Masa Kolonial | 3 | IV |
|
| 19312135 | Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia | 3 | V |
|
| 19312236 | Sejarah Indonesia Masa Awal Kemerdekaan Sampai Demokrasi Terpimpin | 3 | VI |
|
| 19312337 | Sejarah Indonesia Masa Orde Baru Sampai Reformasi | 3 | VII |
|
|
|
|
|
|
| Sejarah Dunia | 19312422 | Sejarah Asia Selatan | 2 | II |
|
| 19312523 | Sejarah Asia Timur | 2 | III |
|
| 19312623 | Sejarah Timur Tengah | 2 | III |
|
| 19312724 | Sejarah Eropa | 2 | IV |
|
| 19312825 | Sejarah Amerika | 2 | V |
|
| 19312921 | Sejarah Asia Tenggara | 2 | I |
|
| 19313023 | Sejarah Afrika | 2 | III |
|
| 19313126 | Sejarah Australia Oceania | 2 | VI |
|
|
|
|
|
|
| Sejarah Lokal | 19313222 | Sejarah Lokal | 2 | II |
|
| 19313322 | Sejarah Bali Nusra | 2 | II |
|
| 19313414 | Studi Situs Sejarah Bali | 1 | III |
|
| 19313515 | Studi Situs Sejarah Jawa | 1 | IV |
|
|
|
|
|
|
| Sejarah Tematik | 19313626 | Sejarah Pendidikan | 2 | VI |
|
| 19313735 | Sejarah Kebudayaan | 3 | V |
|
| 19313825 | Sejarah Publik | 2 | V |
|
| 19313924 | Sejarah Sosial | 2 | IV |
|
| 19314024 | Sejarah Perekonomian | 2 | IV |
|
| 19314127 | Sejarah Bahari | 2 | VII |
|
| 19314227 | Sejarah Hubungan Internasional | 2 | VII |
|
| 19314327 | Geohistori | 2 | VII |
|
|
|
|
|
|
D. Penelitian dan Pengabdian |
|
|
| ||
|
| 19314426 | Metode Penelitian Tindakan Kelas | 2 | VI |
|
| 19314525 | Metode Penelitian Pendidikan Sejarah | 2 | V |
|
| 19314626 | Metode Penelitian Sosial Budaya | 2 | VI |
|
| 19314747 | KKN | 4 | VII |
|
| 19314868 | Skripsi | 6 | VIII |
E. Kajian Sosial – Budaya |
|
|
| ||
|
| 19314921 | Pengantar IPS | 2 | I |
|
| 19315025 | IPS Terpadu | 2 | V |
|
| 19315122 | Studi Masyarakat Indonesia | 2 | II |
|
| 19315221 | Pengantar Antropologi | 2 | I |
|
| 19315326 | Teori Sosial Budaya | 2 | VI |
5. | Mata Kuliah Pilihan Prodi |
|
| ||
| Pariwisata Sejarah | 19315428 | Kode Etik Kepariwisataan* | 2 | VIII |
|
| 19315527 | Pariwisata Sejarah dan Budaya* | 2 | VII |
|
| 19315626 | Manajemen Pariwisata* | 2 | VI |
| Pengembang Media Pembelajaran Sejarah | 19315726 | Produksi Naskah Media* | 2 | VI |
|
| 19315827 | Produksi Media Pembelajaran Audio Visual* | 2 | VII |
|
| 19315928 | Produksi Media Pembelajaran Miniatur* | 2 | VIII |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 155 |
|
| Jumlah yang ditawarkan 155 SKS dan wajib diambil sebanyak 149 SKS | ||||
| Total SKS : 143 + 6 (Mk. Pilihan) = 149 SKS |
Dosen
No. | Nama Tenaga Pengajar di Prodi Pendidikan Sejarah |
1. | Drs. Dewa Made Alit, M.Pd. |
2. | Dra. Ni Luh Putu Tejawati, M.Si. |
3. | Drs. Riwanto, M.Si. |
4. | Dra. Ni Ketut Purawati, M.Si. |
5. | Drs. I Wayan Suana, M.Pd. |
6. | Drs. I Nyoman Kartikayasa, M.Ag. |
7. | Ni Putu Yuniarika Parwati, S.Pd.,M.Pd. |
8. | I Nyoman Bayu Pramartha, S.Pd.,M.Pd. |
Laboratorium
Peranan Laboratorium sejarah bagi pembelajaran sejarah sangat diperlukan untuk menunjang hasil belajar sejarah yang maksimal. Laboratorium Sejarah merupakan sebuah model replika dari hal-hal yang terkait masa lampau yang ada di dunia ini sehingga fungsi dari laboratorium pun semakin banyak antara lain dapat dijadikan sebagai kelas praktikum, kelas belajar, museum, dan display