Guru Bahasa Indonesia Bisa Lanjutkan Studi S2 di Mahadewa University

IMG-20220411-WA0020_1_copy_600x608
Berita Kampus

Guru Bahasa Indonesia Bisa Lanjutkan Studi S2 di Mahadewa University

Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) atau kini disebut juga Mahadewa University, terus melakukan pembenahan dan pengembangan. Salah satunya diwujudkan dengan membentuk program studi (Prodi) baru guna memenuhi kebutuhan masyarakat serta menjawab tantangan pemerintah.

Terbaru, kampus yang beralamat di Jalan Seroja No. 57 Tonja Denpasar ini telah membuka Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister (S2).

“Ini merupakan Program S2 Pendidikan Bahasa Indonesia yang pertama dan satu-satunya di Denpasar, hanya ada di Mahadewa University. Kalau Linguistik mungkin sudah ada. Untuk itu para guru sebaiknya melanjutkan pendidikannya di program ini agar linier, sehingga dikemudian hari tidak dimasalahkan oleh pemerintah. Apalagi, saya dengar kabar bahwa ke depan guru minimal harus berpendidikan S2,” ujar Rektor Mahadewa University, Dr. I Made Suarta, S.H, M.Hum saat ditemui di ruang kerjanya.

Pihaknya mengatakan bahwa Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia ini tidak semata-mata ditujukan bagi guru Bahasa Indonesia, tetapi juga masyarakat umum yang memang ingin menjadi guru.

Selain itu, Mahadewa University juga sedang berproses membentuk Program Profesi Guru (PPG) dengan masa studi 1 tahun. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mengantisipasi keinginan masyarakat menjadi guru, termasuk dari Prodi non-kependidikan.

“Ke depan lulusan dari kampus yang memiliki LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) maupun non-LPTK bisa menjadi guru, maka PPG inilah sebagai antisipasinya. Ibaratnya, di PPG mendapatkan sejenis SIM untuk mengajar,” jelas Rektor yang juga seorang seniman ini.

Baik Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia maupun PPG, kata Suarta, telah didukung SDM pengajar yang berkualifikasi serta sarana prasarana memadai.

“Kami berharap keberadaan Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan PPG di Mahadewa University ini nantinya bisa diterima masyarakat, karena masyarakat khususnya para guru tidak perlu jauh-jauh lagi mencari Program S2 ini,” terangnya.

Saat ini Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Mahadewa University sedang membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik (TA) 2022/2023. (igp)

Sumber: https://literasipost.com/mahadewa-university-segera-buka-prodi-s2-pendidikan-bahasa-indonesia-dan-ppg/